Liburan ke kota Kembang Bandung

Month: January 2013

Lovely Stay In Bandung

Lovely Stay In Bandung

Berwisata ke Kota Bandung memang tidak pernah membuat bosan. Selalu saja ada hal unik dan menarik yang sayang jika kita lewatkan jika mengunjuni kota ini. Berbagai tempat wisata yang menarik dan event-event menarik yang diadakan di Bandung semakin membuat wisatawan jatuh hati dengan keindahan dan […]

Menikmati Sajian Unik Diantara Siluet Romantis Kafe Mc Nzie

Menikmati Sajian Unik Diantara Siluet Romantis Kafe Mc Nzie

Memilih tempat makan di Bandung tentunya harus disesusaikan dengan suasana yang ingin Anda pilih. Banyak kafe dan tempat makan di Bandung yang menawarkan kenyamanan dan bahkan panorama yang begitu indah. Dari sekian banyak jenis dan gaya tempat makan, tentu kafe banyak dipilih kaum muda karena […]

Lovely Oleh-olehs from Bandung

Lovely Oleh-olehs from Bandung

Lovely Oleh-olehs from Bandung
Lovely Oleh-olehs from Bandung

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Kota Bandung tanpa membawa buah tangan sebagai kenangan selama berada di Bandung ataupun sebagai buah tangan untuk dibagikan kepada sanak saudara di rumah. Bandung memiliki berbagai macam jenis oleh-oleh khas Bandung yang dapat wisatawan beli di tempat-tempat yang khusus menjual oleh-oleh khas Bandung. Adapun berbagai jenis oleh-oleh khas Bandung tersebut serta tempat-tempat yang menjual oleh-oleh tersebut yang dapat menjadi referensi Anda saat sedang berkunjung ke Kota Bandung, antara lain :

  • Wayang Golek

Wayang Golek merupakan boneka kayu khas Bandung yang selalu menjadi oleh-oleh dari Bandung yang paling favorit. Salah satu toko Wayang Golek yang sudah cukup terkenal di Bandungbahkan di kota-kota besar di Indonesia adalah Galeri Cupumanik. Galeri Cupumanik menjual berbagai macam dan jenis Wayang Golek, dengan harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 50.000,- sampai Rp. 3.000.000,-. Galeri Cupumanik berlokasi di Jalan H. Akbar No. 10, Kebon Kawung, Bandung.

  • Kaos

Kaos merupakan salah satu oleh-oleh yang wajib dan paling dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke kota Bandung. Kaos Bandung terkenal akan desain pada kaosnya yang unik dan kreatif. Kaos Bandung terdapat di factory outlet sepanjang Jalan Riau dan Dago dengan harga mulai dari Rp. 20.000,- sampai Rp. Rp. 50.000,- per potong.

  • Kerajinan Kulit Cibaduyut

Daerah Cibaduyut terkenal akan kerajinan tas dan sepatu yang terbuat dari kulit hewan dengan kualitas terbaik. Selain tas dan sepatu, di sepanjang Jalan Cibaduyut wisatawan juga dapat menemukan bermacam-macam produk lainnya yang terbuat dari kulit, seperti dompet, ikat pinggang dan beberapa aksesoris lainnya yang cocok untuk di jadikan sebagai oleh-oleh dari Bandung. Cibaduyut terkenal akan kualitas produknya dan harga yang ditawarkan pun terbilang sangat murah.

  • Angklung

Angklung adalah alat musik khas Bandung yang terbuat dari bambu. Selain untuk dimainkan sebagai alat musik, Angklung juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk menghiasi interior rumah. Oleh-oleh dari Bandung ini dapat wisatawan beli di toko oleh-oleh milik Saung Angklung Udjo yang berlokasi di Jalan Padasuka 118, Bandung. Toko oleh-oleh Saung Angklung Udjo juga menyediakan berbagai macam  oleh-oleh khas Bandungyang terbuat dari bambu.

  • Kelom Geulis “Keng”

Kelom geulis merupakan sebuah sandal kayu dengan berbagai macam ukiran pada sandalnya. Kelom geulis adalah sebuah oleh-oleh dari Bandung yang dapat wisatawan peroleh untuk diberikan kepada sanak saudara di rumah.  Wisatawan dapat membelinya di pusat kerajinan kelom geulis milik Keng yang sudah terkenal akan kualitas pembuatan kelom geulis-nya. Pusat kerajinan Kelom Geulis Keng berlokasi di Jalan Cihampelas 205, Bandung. Untuk harga relatif murah, tergantung tingkat kesulitan dan jenis kelom geulis.

  • Pusat Kerajinan Rotan

Di sepanjang Jalan Setiabudi terkenal akan pusat pembuatan kerajinan dari rotannya yang dapat dijadikan oleh-oleh. Di antaranya pembuatan kursi, tempat lampu, berbagai macam lemari kecil sampai tas yang berbahan dasar dari rotan.

  • Pusat Kerajinan Keramik

Kerajinan keramik juga dapat menjadi sebuah oleh-oleh dari Bandung. Wisatawan dapat menemukannya di sepanjang Jalan Stasiun Kiaracondong, Bandung. Di daerah ini merupakan pusat pembuatan keramik seperti gerabah, piring untuk hiasan dan berbagai macam pot untuk tanaman dengan berbagai jenis dan bentuk yang unik dengan harga mulai dari Rp. 75.000,- sampai Rp. 500.000,-.

 

Lovely Oleh-olehs from Bandung,

Menikmati Keindahan Alam Di Wisata Alam Jayagiri Lembang

Menikmati Keindahan Alam Di Wisata Alam Jayagiri Lembang

Siapa sih yang tidak bosan untuk liburan di Bandung? Kota dengan seribu keunikan ini selalu saja menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara tiap tahunnya. Bandung memiliki banyak hal yang menarik seperti tempat wisatanya, kuliner, fashion, entertainment dan lain-lain. Keindahan dan keasrian Bandung membuat kota ini […]

Mencicipi Pizza Unik Di Warung Laos

Mencicipi Pizza Unik Di Warung Laos

Bandung memang tidak pernah habis menyemarakkan pesona pariwisatanya. Setiap tahunnya, wisatawan lokal dan mancanegara selalu berdatangan untuk menghabiskan liburan di Bandung. Bandung memang memiliki daya tarik tersendiri di bidang fashion, entertainment, tempat wisata alam dan kuliner. Khususnya kuliner Bandung yang memang dikenal sebagai juaranya kuliner […]

Lovely Restaurants In Bandung

Lovely Restaurants In Bandung

Lovely Restaurants In Bandung
Lovely Restaurants In Bandung

Paris Van Java, Kota Kembang, Kota Kuliner, Kota Fashion dan sejuta julukkan lainnya disandang oleh Kota Bandung. Kota ini memang memiliki sejuta eksotisme yang selalu dapat menarik wisatawan  untuk terus berkunjung ke kota ini. Bandung juga termasuk kota metropolitan di Indonesia yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Bandung juga memiliki temperatur yang sejuk, sehingga banyak orang yang betah berwisata di sini. Namun yang paling membuat Bandung menjadi sangat terkenal adalah keunikan dan kekhasan kulinernya. Kuliner Bandung selalu menjadi buruan para wisatawan maupun food hunter.

Penasaran kan dengan dimana saja sih tempat makan di Bandung yang menjadi incaran para food hunter? Anda juga pastinya ingin tahu lebih banyak lagi makanan nikmat apa saja yang yang membuat Bandung menjadi trendsetter kuliner? Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat makan yang wajib Anda buru ketika berlibur di Bandung:

Risoles Melepuh

Risoles yang bisa melepuh? Ya, risoles unik ini berbeda dengan risoles kebanyakan. Risoles ini dapat membuat Anda merasakan lelehan keju yang akan “melepuh” di dalam mulut Anda. Variasi rasa yang unik ditawarkan oleh tempat ini, seperti Original (smoked beef, melting cheese, & egg), Wedus Gembel (bolognaise), Tsunami (beef sausage & melting cheese), Brekele (brocolli)dan Chicken Run. Selain rasa dan nama yang unik, setiap rasa dari risoles ini diberi warna yang berbeda-beda, seperti kuning, pink, hijau dan biru. Anda bisa menemukan Risoles Melepuh di Jl. Konstitusi 1 No. 2A, Bandung.

Bandungsche Melk Center

Apakah Anda menyukai susu dan olahannya? Kalau begitu, Anda wajib mencicipi aneka susu dan olahannya di Bandungsche Melk Center. Restoran yang unik ini ternyata sudah berdiri sejak tahun 1930. Selain itu, suasana restoran ini serasa seperti di Eropa karena arsitekturnya bergaya zaman Belanda, sangat klasik. Di restoran ini, Anda wajib mencicipi Yoghurt Mocca Cocktail, Yoghurt Shake Grape, Kefir (susu kambing), Hot Milk Chocolate, Ice Cream Tart Mini Tiramisu, Bitter Ballen, Zupa-Zupa Cream Soup dan lain-lain. Apabila Anda sudah tidak sabar untuk mencicipinya, Anda bias langsung datang ke Bandungsche Melk Center di Jl. Aceh No. 30, Bandung.

Kedai Getek

Ingin mencicipi sajian tutut (keong sawah) yang unik dan lezat? Yuk, mari mampir ke Kedai Getek. Selain menu utama yang menggunakan bahan dasar tutut, keunikan restoran di Bandung ini juga didapatkan dari penamaan menu makanan dan minuman dengan nama yang unik. Kedai Getek juga menghadirkan suasana komedi di restoran ini, sehingga jangan kaget kalau nanti Anda akan bertemu dengan pelayan yang mengenakan baju unik dan dan berbicara latah, hahaha! Menu-menu yang unik tersebut antara lain Tutut Ibu Tiri (tutut masak pedas), Tutut Rica Sugiarto (tutut bumbu rica-rica), Tutut Caketreuk (tutut bumbu lada hitam), Jupe (jeruk tape), Chris Brown (minuman coklat), Rihanna Latte (coffee latte) dan lain-lain yang tak kalah lezat dan unik. Anda bisa mengunjungi Kedai Getek di alamat Jl. Cilaki 43, Bandung.

The Peak

Ingin menikmati makan malam romantis bersama pasangan Anda? Anda wajib mengunjungi The Peak. Restoran dengan suasana romantis dan pemandangan yang indah ini berada di puncak Kota Bandung dan memiliki tiga lantai. Suasana yang romantis dengan arsitektur modern-ethnic dan pemandangan Gunung Tangkuban Perahu membuat The Peak semakin istimewa. The Peak juga memiliki Sky Private Dining Room dengan perapian yang sangat romantis. Untuk menu makanan, cobalahU.S Beef Steak, Australian Steak, dan Black Angus Steak yang menjadi favorit di The Peak. Untuk minuman, Anda dapat mencoba berbagai jenis teh, jusdan juga ada Coffee with Irish Whiskey yang memiliki cita rasa yang sangat kental. The Peak juga menyediakan produk-produk connoiseurs, seperti wine, spirit, cigars, tobaccos, dan handmade pipes yang sayang jika Anda lewatkan. Anda bisa mengunjungi The Peak di alamat Jl. Desa Karyawangi Ciwaruga KM 6,8 No. 388, Kecamatan Parompong, Kabupaten Bandung.

 

Lovely Restaurants In Bandung,

Lovely Foods in Bandung

Lovely Foods in Bandung

Bandung selalu identik dengan kulinernya yang selalu menyajikan hidangan yang unik dan bercita rasa tinggi. Maka dari itu, kuliner Bandung selalu menjadi daya tarik utama bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kota Bandung, selain wisata belanja dan wisata alamnya.  Selain sajian kulinernya, tempat makan di Bandung […]

Lovely Places in Bandung

Lovely Places in Bandung

Paris of Van Java, sebutan tersebut diberikan kepada Kota Bandung karena kota ini mirip seperti kota Paris yang memiliki daya tarik besar terhadap tempat-tempat wisatanya yang menyajikan wisata seni dan budaya, wisata pendidikan dan rekreasi keluarga, wisata kuliner dan wisata belanja. Saat ini, Kota Bandung […]

Liburan Sambil Melestarikan Alam di Bumi Perkemahan Ranca Upas

Liburan Sambil Melestarikan Alam di Bumi Perkemahan Ranca Upas

Liburan di Bumi Perkemahan Ranca Upas
Liburan di Bumi Perkemahan Ranca Upas

Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Bandung pastinya memiliki daya tarik di bidang pariwisata yang sangat menarik. Setiap tahunnya, wisatawan lokal dan mancanegara selalu datang seolah-olah tidak pernah bosan untuk liburan di Bandung. Bandung memang tidak pernah bosan juga untuk mengemas pariwisatanya dalam bentuk yang menarik. Potensi pariwisata di Bandung itu sangat kuat di bidang fashion, kuliner, hiburan dan tentu saja wisata alamnya. Tempat wisata di Bandung memang terkenal karena keaslian dan kealamian tempatnya yang masih terjaga. Salah satu tempat wisata alam dengan potensi yang bagus di Bandung adalah Bumi Perkemahan Ranca Upas.

Bumi Perkemahan Ranca Upas adalah sebuah tempat wisata alam yang terletak di Desa Alam Endah, Kecamatan Ciwidey, Bandung Selatan. Bumi Perkemahan Ranca Upas memiliki luas 215 hektare dan terletak di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Meskipun namanya adalah bumi perkemahan, ternyata bukan hanya para peserta kemah dan pecinta alam saja lho yang datang, tetapi juga wisatawan biasa. Para wisatawan yang biasa datang untuk liburan sambil melestarikan alam di bumi perkemahan Ranca Upas akan merasakan betapa sejuk dan asrinya Ranca Upas. Di sini, wisatawan juga bisa melihat tempat penangkaran rusa.

Bumi Perkemahan Ranca Upas memiliki hutan alam yang ditumbuhi beberapa jenis pepohonan seperti Puspa, Jamuju, Haru, Kitambang, Kihujan, Hamirung, Kurai dan Pasang. Anda juga bisa menemukan berbagai macam fauna seperti burung tekukur, gagak, elang, monyet dan macan. Pastikan Anda melihat kawasan hutan dengan ditemani oleh seorang pemandu agar tidak tersesat dan aman dari hewan buas.

Yang spesial dari Bumi Perkemahan Ranca Upas adalah tempat penangkaran rusa. Tempat penangkaran rusa ini mulai dicoba pada tahun 1981. Alasan didirikannya tempat penangkaran rusa di Ranca Upas ini karena lingkungan di Ranca Upas sangat cocok untuk rusa. Selain itu juga, Ranca Upas memiliki persediaan sumber makanan dan air yang cukup untuk kelangsungan hidup para rusa tersebut. Awalnya hanya terdapat 6 ekor rusa yang berasal dari Kalimantan di Ranca Upas ini. Pada tahun 1990-an, rusa-rusa tersebut berkembang biak dengan pesat dan mencapai 40 ekor, namun tidak semua ditempatkan di kawasan itu. Ada sebagian rusa juga yang ditempatkan di Kebun Binatang Bandung dan ada yang dibawa juga oleh Kapolda Jawa Barat. Rusa yang tersisa di Ranca Upas kini kira-kira sebanyak 13 ekor atau lebih.

Lokasi penangkaran rusa tersebut dibuat sedemikian rupa hingga menyerupai habitat aslinya dengan luas sekitar 3 hektare. Selain itu di tempat ini juga ditanami pagar hidup sepanjang 1.500 meter, pos peneduh 3×5 meter dan bak minum. Anda yang datang untuk melihat rusa-rusa tersebut juga bisa membawakan makanan lho untuk mereka. Anda bisa membawa ubi dan memberikannya kepada rusa dengan cara dipotong dadu terlebih dahulu, lalu bersiul untuk memanggil rusa dan lemparkan ubi-ubi tersebut ke tempat mereka berkumpul. Hal ini dilakukan karena kita tidak bisa sembarangan memberikan makanan langsung ke mulut rusa karena mereka adalah hewan yang sangat sensitif. Jika Anda tidak bisa menyumbangkan ubi, Anda bisa menyumbangkan uang yang diserahakan kepada pawang rusa untuk membeli ubi bagi rusa-rusa tersebut.

Bagi Anda yang ingin berkemah, pastikan selalu membawa perlengkapan yang sesuai untuk berkemah, sperti tenda, kompor gas portable, sleeping bag, tikar, lotion anti nyamuk, jaket dan lain-lain. Pastikan juga agar Anda tidak mengotori areal perkemahan agar lingkungan tidak tercemar. Yang pasti, nikmatilah liburan seru sambil mencintai keindahan alam hanya di Bumi Perkemahan Ranca Upas!

Kawah Putih Gunung Patuha

Kawah Putih Gunung Patuha

Liburan di Bandung merupakan pilihan tepat sebagai sajian akhir pekan. Kota Bandung penuh pesona, hal ini biasa terucap oleh setiap wisatawan yang datang bersinggah ke kota ini dalam menikmati liburan akhir pekan bersama keluarga. Beragam jenis tempat wisata di Bandung mulai dari wisata kuliner, tempat […]