Liburan ke kota Kembang Bandung

Mie Kocok Bandung

Mie Kocok Bandung

Meskipun makanan pokok kebanyakan orang Indonesia itu nasi, ternyata banyak juga di antara kita yang doyan makan mie. Makanya nggak heran kalo di Indonesia mie laku banget. Olahan mie di Indonesia ini ada banyak. Ada yang namanya mie ayam, ada mie aceh, mie jawa, dan yang nggak kalah populernya adalah mie kocok. Mi kocok adalah makanan khas dari Bandung. Bisa dibilang kalo makanan ini cukup buat ngenyangin perut karena komposisinya yang berat.

Sesuai namanya, makanan ini berbahan dasar mie. Ukuran mienya agak tebal kaya kwetiew. Biasanya, mie kocok ditemani sama bakso, kikil, tahu, sama taoge. Lalu, mie ini disiram pake kuah sapi. Abis itu, atasnya dikasi taburan bawang goreng sama potongan daun seledri. Ehm……dijamin jadi laper kalo liat makanan ini. Apalagi pas kita lewat dan aroma makanan ini kena angin dan masuk hidung, wah jadi tambah ngiler. Pastinya rasanya seger dan lezat banget kalo dimakan selagi masih panas. Bisa juga nikmatin mie kocok dikasi sambel, saos, atau kecap kalo suka. Mie kocok merupakan salah satu kuliner Bandung yang menjadi favorit bagi penduduk setempat ataupun wisatawan yang datang berkunjung.
Sebenernya, asal mula nama mie kocok ini juga kurang jelas. Tapi, kalo diliat dari cara memasaknya, mungkin itu jawabannya kanapa disebut mie kocok.  Mie yang masih mentah, direbus ke dalam wadah yang besar. Abis itu, mie tadi diangkat pake sejenis gayung panjang yang bolong buat jalan keluar air. Selama proses pengangkatan, mie tadi dikocok-kocok biar merata matangnya dan lebih bersih dan dilakuin berkali-kali. Nah, mungkin itu dia kenapa disebut mie kocok.

mie kocok

Di Bandung, mie kocok ini gampang banget ditemuin di pinggiran jalan. Biasanya sih mie ini dijual pake gerobak terus didorong keliling gitu. Tapi, kita juga bisa nemuin gerobak mie kocok yang sedang mangkal. Biasanya, mangkalnya sih di tempat-tempat yang rame kaya di sekolah, daerah perkantoran, bahkan deket pusat perbelanjaan. Selain itu, harganya juga relative murah kok. Jadi, kalo lagi pergi ke Bandung, wajib nyobain yang namanya nyicipin mie kocok bandung.