Liburan ke kota Kembang Bandung

Tips & Trik Resep Kue Kastengel Renyah Dan Enak

Tips & Trik Resep Kue Kastengel Renyah Dan Enak

Kastengel adalah salah satu kue kering yang sangat populer di Indonesia. Kue ini sangat digemari karena rasanya yang gurih serta teksturnya yang renyah. Banyak ibu mencari resep kue kastengel untuk mempraktekkannya sendiri di rumah. Langkah pembuatan kue ini tergolong mudah dengan bahan yang juga mudah didapat. Akan tetapi, jika belum berpengalaman dalam membuat kue, terkadang ada kendala-kendala yang mungkin ditemui dalam pembuatan kue kastengel ini. Cara pembuatan yang salah bisa membuat adonan kue yang dihasilkan menjadi terlalu keras ataupun terlalu lembek.  Takaran bahan-bahan yang digunakan juga harus pas supaya tercipta rasa kue kastengel yang lezat.

Baca Resep Lainnya : Cara Membuat Resep Kue Kastengel Ibu Yang Enak

Bahan utama dalam resep kue kastengel ini meliputi tepung terigu atau maizena, mentega, margarin, keju dan telur. Bahan-bahan ini kemudian dicampur menjadi adonan yang merata kemudian dicetak. Adonan yang telah dicetak lalu dipanggang dalam oven bersuhu sekitar 160 derajat celcius selama kurang lebih 20 menit. Guna menciptakan resep kue kastengel spesial, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti, beberapa diantaranya :

1. Gunakan Keju Berkualitas

Kunci utama dari kelezatan kue kastengel ada pada rasa gurih yang berasal dari keju. Anda bisa menambahkan keju dengan jumlah yang banyak namun tetap sesuai dengan takaran bahan lainnya supaya rasanya tidak terlalu menonjol. Penggunaan keju berkualitas baik akan semakin memperkuat aroma dan rasa kue kastengel. Anda bisa menggunakan keju cheddar, keju edam ataupun parmesan untuk campuran dalam resep kue kastengel Anda.

2. Gunakan Tepung Rendah Protein

Kue kering yang enak adalah kue yang renyah dan terasa lembut ketika dimakan. Tekstur renyah ini dihasilkan dari tepung yang digunakan. Pilih tepung yang kandungan proteinnya rendah agar menghasilkan kue yang lebih ringan dan renyah.

3. Jangan Terlalu Lama Mencampur Adonan Mentega Dan Margarin Dengan Tepung Terigu

Aduklah campuran margarin dan mentega dengan tepung terigu secukupnya. Ketika adonan sudah terlihat merata Anda perlu segera menghentikan proses pengadukan. Pengadukan yang terlalu lama bisa menyebabkan adonan menjadi keras sehingga kue kastengel yang dihasilkan nantinya juga memiliki tekstur yang keras.

4. Hindarkan Adonan Dari Paparan Panas

Selama mencampur adonan sebaiknya hindari menyentuh adonan langsung dengan tangan. Hal ini bisa menyebabkan adonan terkena panas tubuh. Adonan yang terkena panas akan lebih mudah mengeras.

5. Oleskan Kocokan Kuning Telur Di Atas Permukaan Adonan

Olesan kuning telur ini bisa mempercantik tampilan kue kastengel. Kue yang diolesi dengan kuning telur sebelum dipanggang akan menghasilkan warna yang kuning mengkilap. Warna ini akan terlihat jauh lebih menarik dibandingkan tanpa diberi olesan kuning telur. Pengolesan kuning telur dapat diulangi sampai 2-3 kali untuk menyempurnakan resep kue kastengel Anda.

6. Jangan Langsung Memasukkan Kue Kastengel Ke Dalam Toples Dalam Kondisi Panas

Sebaiknya diamkan kue kastengel sampai dingin baru kemudian dikemas di dalam toples atau wadah tertutup lainnya. Jika kastengel dikemas dalam kondisi masih panas kemudian ditutup rapat maka akan terbentuk uap air yang justru membuat kondisi di dalam wadah menjadi lembab. Kondisi lembab ini bisa membuat kue cepat berjamur.

Selain tips-tips tadi, pemilihan margarin juga bisa menentukan rasa akhir kue kastengel buatan Anda. Margarin Blueband merupakan pilihan tepat untuk campuran adonan kue karena dapat menghasilkan adonan dengan rasa dan aroma yang lebih enak. Anda bisa menggunakan margarin Blueband pada resep kue kastengel ini.