Tempat Wisata

Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat

Bagaimanakah cara ampuh me-refresh pikiran kita yang penat dan stres? Serta agaimanakah cara untuk membangun kedekatan dan kerjasama yang baik dalam acara Tim Building sebuah organisasi atau grup? Dan apakah kedua hal tersebut saling berkaitan? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut Anda tidak perlu bingung, Anda cukup melakukannya saja. Berkunjung ke tempat outbond yang paling menarik dan popular saat Anda liburan di Bandung, yaitu Curug Tilu Leuwi Opat.

Tempat apakah itu? Apa sih yang membuat menarik? Curug Tilu Leuwi Opat adalah salah satu tempat wisata di Kota Kembang yang sangat natural dan layak untuk dikunjungi saat liburan di Bandung bersama keluarga Anda. Tempat ini bisa menjadi sarana rekreasi, pendidikan, dan sarana tim building yang sangat menyenangkan dan bermanfaat.  Curug Tilu merupakan air terjun yang berada di area wana wisata Ciwangun Indah Camp. Mengapa bernama Curug Tilu? Kata tilu dalam bahasa Sunda berarti tiga. Tiga yang dimaksud tersebut kemungkinan berasal dari jumlah tingkatan terjunan air di sana.  Curug ini cukup unik dan tinggi dengan ketinggian sekitar 10 m dengan lebar sekitar 2 m.  Di bagian bawahnya terdapat kolam yang memiliki kedalaman sekitar 3 m.

Curug Tilu terletak di Kampung Ciwangun RT. 03 RW. 15 tepatnya di Desa Cihanjuang Rahayu Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Bila Anda agak bingung, letak lebih spesifik dari tempat wisata ini adalah Belakang Villa Istana Bunga Pos 13. Bila sedikit melihat sejarah pembangunannya, tanggal 7 Juli 1996 merupakan perencanaan awal dari pembangunan tempat wisata alam tersebut, namun pada kenyataannya rencana tersebut baru bisa terealisasikan tanggal 7 Juli 2006.

Bila Anda mencoba berkunjung ke sana Anda tidak akan rugi karena banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan. Curug Tilu Leuwi Opat memiliki banyak fasilitas outbond antara lain Bumi Perkemahan Pramuka / Umum, Flying Fox, Gazeebo, Rakit, Paparahuan,  Jembatan Titian / Keseimbangan, Rock Climbing, Spider Web, dan  Tradisional Games. Bila Anda ingin melatih anak-anak Anda untuk sejenak melupakan hingar bingar dan segala fasilitas kehidupan modern, mengajak anak Anda berkemah di tempat ini adalah pilihan yang sangat tepat. Dengan berkemah, seseorang akan menjadi lebih dekat dengan alam, dan tentu saja akan lebih bersyukur terhadap semua karunia Yang Maha Kuasa setelah melihat sendiri betapa alam sudah menyediakan banyak hal untuk kita nikmati. Perkemahan juga cocok untuk melatih kerjasama tim dan kemandirian bagi para pramuka-pramuka muda.

Kemudian bila Anda ingin melatih keberanian dan menguji adrenalin Anda maupun keluarga, Anda bisa mencoba flying fox dan jembatan keseimbangan. Jika tidak berani mencoba, akan menimbulkan penyesalan meskipun saat menyaksikan saja sudah ngeri. Hal menyenangkan lainnya yang bisa Anda lakukan adalah wisata air dengan Paparahuan. Wisata ini akan memberikan sensasi berbeda bagi Anda dan keluarga. Untuk Anda pecinta panjat tebing, Anda bisa mencoba fasilitas Rock Climbing yang sudah tersedia di tempat wisata ini. Masih ada lagi Spider Web untuk melatih kretifitas dan kelincahan. Meskipun saat ini sudah era laptop, komputer, dan berbagai permainan video game, tidak ada salahnya kita mengenalkan pada anak-anak mengenai serunya permainan-permainan tradisional. Permainan tradisional justru lebih mendekatkan kita dengan rekan dan lebih melatih kreatifitas. Jadi ber-outbond di Curug Tilu Leuwi Opat memang perlu dicoba.

partner iklan
Tags: ,
  • http://ridho.me/ Ridho Putradi S’Gara

    namanya lucu