Tips Traveling

Tips Backpacker Sebelum Liburan ke Flores

Hobi travelling dan belum menentukan destinasi travelling seru selanjutnya? Coba singgah ke kawasan Indonesia Timur, tepatnya di Flores. Tempat ini punya banyak pesona alam yang tentu sangat cocok untuk dikunjungi oleh orang-orang yang gemar travelling. Hanya saja memang bukan perkara mudah untuk dapat melakukan travelling di kawasan Indonesia Timur ini. Pasalnya, iklim di kawasan ini tergolong panas, kering, dan transportasi nya yang terbatas. Tak heran, berwisata ke kawasan NTT membutuhkan budget yang tidak kecil, serta kondisi badan yang tentunya fit agar momen travelling tetap berjalan seru dan lancar.

Tips Backpacker Sebelum Liburan ke Flores

Untuk itu agar membantu melancarkan perjalanan wisata anda ke pulau ini, yuk simak beberapa tips backpacker ke Flores berikut ini:

  • Membuat jadwal itinerary. Menyusun itinerary perjalanan sebelum melakukan travelling ini tentu sangat penting, dimana adanya itinerary akan sangat membantu dalam menghemat waktu liburan. Dalam menyusun itinerary, anda tentu perlu untuk mempelajari destinasi yang akan dikunjungi, misalnya jarak tempuhnya, biaya, transportasi apa yang akan digunakan, dan lain sebagainya. Jika anda tidak mau repot mengurusi itinerary perjalanan, anda bisa menggunakan jasa travel, dimana anda hanya perlu memilih paket wisata yang akan dikunjungi.
  • Budgeting. Menyusun anggaran untuk liburan merupakan hal penting lainnya yang harus disusun secara teliti. Dengan menyusun anggaran ini tentunya anda tak perlu khawatir kehabisan biaya saat melakukan travelling. Hal penting yang harus dianggarkan adalah biaya transportasi, makan, penginapan, dan lain-lain. Jangan lupa juga untuk menyusun rencana kegiatan apa saja yang akan dilakukan, seperti snorkeling, diving, dan lain-lain yang tentunya juga membutuhkan biaya tersendiri.
  • Booking hotel lebih dulu. Berada di kawasan Flores, NTT, memang belum banyak fasilitas hotel dan penginapan yang dapat ditemui. Meski demikian, tetap ada beberapa pilihan hotel yang bisa dipilh sebagai tempat beristirahat di kawasan wisata disana. Tarif nya pun cukup bervariasi, dari mulai tarif murah ala backpacker, hingga hotel berbintang juga tersedia. Disarankan untuk memesan kamar hotel terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan wisata, agar lebih menghemat waktu saat sudah berada di lokasi wisata.
  • Ramah pada penduduk lokal. Warga lokal di Florel memang dikenal dengan keramahannya. Untuk itu sebagai pendatang kita juga harus bisa bersikap ramah tamah kepada mereka. Dengan keramahan yang kita terbarkan, maka mereka akan semakin welcome kepada kita.

Itulah beberapa tips menghabiskan waktu liburan di Flores. Sebagai rekomendasi destinasi, ada beberapa loka wisata unik yang hanya bisa ditemui di kawasan ini, seperti diantaranya pulau Komodo, Pantai Pink, Danau Kelimutu, dan masih banyak lagi destinasi Indonesia Travel lainnya yang bisa membuat waktu travelling semakin mengesankan.

5 Tips Penting Saat Travelling ke Flores

5-tips-penting-saat-travelling-ke-flores

Jika anda ingin melakukan traveling ke tempat wisata alam yang eksotis, jawabannya ada di Indonesia travel di kawasan Indonesia bagian Timur. Wilayah Indonesia Timur memang identik dengan objek wisata alamnya yang eksotis dan sangat menakjubkan. Seperti salah satunya adalah di Flores NTT, dimana di pulau ini terdapat banyak destinasi wisata yang unik dan tentu sangat disarankan untuk dikunjungi saat melakukan travelling ke wilayah Indonesia Timur. Salah satu objek wisata di NTT yang popularitasnya sudah mencapai kancah internasional adalah pulau Komodo, dimana bahkan lokasi ini termasuk kedalam salah satu keajaiban di dunia. Jika anda tertarik untuk bertandang ke pulau Komodo atau ke destinasi wisata lainnya di NTT, berikut ada beberapa tips penting travelling yang harus diperhatikan:

  • Buat rincian anggaran dana dan list kebutuhan. Berlibur ke kawasan Indonesia Timur seperti ke Flores, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pasalnya akomodasi dan transportasi untuk bisa menuju kesana terbilang masih terbatas dan belum memadai. Untuk itulah anda perlu menghitung dengan teliti berapa kira-kira budget yang dibutuhkan untuk kebutuhan transportasi dan kebutuhan lainnya, seperti untuk penginapan, makan, dan biaya berkunjung ke tempat wisata.
  • Bawa uang cash untuk pengeluaran tak terduga. Kawasan timur Indonesia apalagi di daerah pedalaman biasanya akan sulit untuk bisa mendapatkan akses ke atm atau bahkan bank. Untuk itu jangan lupa sediakan pula uang cash diluar kebutuhan dana yang sudah dianggarkan guna mengatasi pengeluaran yang tak terduga yang mungkin anda butuhkan.
  • Pesan hotel sebelum berangkat. Tak hanya transportasi, wilayah akomodasi penginapan di Indonesia Timur juga terbilang masih terbatas. Untuk itu agar waktu liburan tetap nyaman dan lebih menghemat waktu sebaiknya lakukan pemesanan kamar hotel jauh hari sebelum berangkat agar saat tiba di lokasi anda tak perlu lagi repot mencari penginapan dan tinggal langsung beristirahat saja.
  • Susun itinerary dan daftar destinasi yang akan dituju. Di wilayah NTT ini ada banyak sekali destinasi ekowisata yang bisa dikunjungi. Untuk memanfaatkan waktu liburan agar lebih maksimal, jangan lupa untuk membuat rincian jadwal kegiatan anda selama di Flores, NTT. Buat daftar objek wisata mana saja yang akan dikunjungi dan sesuaikan dengan rentang waktu liburan selama disana. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan rentang waktu perjalanan dari lokasi hotel ke tempat wisata.
  • Backpacker atau Jasa Travel? Bagi anda yang suka travelling sendiri dan dengan suasana penuh tantangan, backpacker ke Flores tentu menjadi pilihan tepat saat liburan tiba. Berbeda halnya dengan anda yang tidak ingin repot mengurusi urusan itinerary perjalanan, anda bisa memilih alternative dengan menggunakan jasa tour and travel yang sudah banyak tersedia.
partner iklan