Bandung Updates

Festival Musik Bambu Nusantara

Festival Musik Bambu Nusantara

Festival Musik Bambu Nusantara

Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata adalah pelopor dari terselenggaranya kegiatan Festival Musik Bambu Nusantara di Kota Bandung. Festival ini menampilkan alat musik tradisional yang terbuat dari bambu yang dikombinasikan atau dipadukan dengan alat musik lain, yaitu alat musik modern, sehingga menghasilkan irama musik yang indah untuk didengar. Di Festival Musik Bambu Nusantara juga ditampilkan alat musik tradisional bambu dengan berbagai modifikasi terbaru.

Para talent muda yang berkiprah di musik bambu dan dimasukkan ke dalam kelompok generasi penerus kalangan senior serta sudah masuk ke wilayah internasional akan diundang untuk ikut serta dalam pagelaran Festival Musik Bambu Nusantara di kota Bandung. Selain pertunjukkan musik, produk-produk kreatif dari kampus hasil karya para mahasiswa juga akan ditampilkan dalam pameran khusus di Festival Musik Bambu Nusantara ini. Tidak hanya para mahasiswa, para pelajar Sekolah Menengah Umum juga ikut memeriahkan festival ini dengan sajian kretifitas mereka.

Festival Musik Bambu Nusantara

Festival Musik Bambu Nusantara

Festival ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Hal ini bertujuan agar pagelaran festival ini dapat menjadi sarana atau wadah untuk dapat merangkul para kawula muda sebagai pewaris budaya bangsa agar mau mencintai musik tradisional bambu. Karena itu pada pagelaran Festival Musik Bambu Nusantara pihak penyelenggara menyetarakan musik bambu dengan musik modern yang sangat digemari para kawula muda.

Selain itu juga festival ini diupayakan dapat menjadi ikon atau lambang untuk memperkenalkan dan mempromosikan Kota Bandung sebagai tujuan wisata. Alat musik berupa calung, degung, arumba, suling dan angklung merupakan alat-alat musik yang bahan bakunya berasal dari bambu yang diproduksi di Jawa Barat. Salah satu contoh alat musik angklung bambu oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata dijadikan sebagai ikon wisata dan juga sebagai alat promosi wisata ketika mengikuti berbagai event wisata internasional, dan hasilnya musik angklung bambu mampu menjadi daya tarik dan dapat mengundang para wisatawan untuk mau mempelajari alat musik bambu tersebut.

Banyak seniman dan pemusik, baik itu dari dalam negeri maupun dari luar negeri tampil pada acara Festival Musik Bambu Nusantara di Kota Bandung. Para seniman dan pemusik ini menampilkan kepiawaian mereka dalam memadukan alat musik bambu dengan alat musik yang lain, sehingga menghasilkan irama musik yang sangat enak untuk didengar.

Di festival ini, bambu akan diperkenalkan ke masyarakat dalam berbagai bentuk dengan sajian kreatifitas yang tinggi, misalnya peragaan busana yang terbuat dari bahan bambu, penyajian kuliner yang semuanya menggunakan bambu, seperti sate dan ayam buloh, dan juga festival layang-layang guna memeriahkan Festival Musik Bambu Nusantara ini. Biasanya bambu yang digunakan untuk pagelaran Festival Musik Bambu Nusantara membutuhkan kurang lebih 20 sampai 30 jenis bambu.

Upaya Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata untuk menjadikan pagelaran Festival Musik Bambu Nusantara sebagai ikon dari Kota Bandung telah berhasil. Selain itu, festival ini pun akhirnya dapat diminati oleh para anak muda, hal ini dapat terlihat dari antusiasme para anak muda dari yang masih duduk di bangku sekolah turut berkeinginan untuk ikut serta dalam memeriahkan pagelaran Festival Musik Bambu Nusantara di Kota Bandung. Dengan menghadiri dan menikmati sajian pagelaran Festival Musik Bambu Nusantara, berarti kita telah ikut serta dalam melestarikan kebudayaan bangsa.

partner iklan
Tags: