Liburan ke kota Kembang Bandung

Jembatan Pasupati, Ikon Bandung Masa Kini

Jembatan Pasupati, Ikon Bandung Masa Kini

Bagi masyarakat Bandung atau anda yang sudah pernah berkunjung ke Kota Bandung, pasti  tidak asing lagi dengan jembatan Pasupati. Jembatan yang memiliki panjang 2,8 km dan lebar 30-60 meter ini, menghubungkan Jalan Terusan Pasteur dan Jalan Surapati. Karena itulah jembatan ini diberi nama Pasupati (Pasteur – Surapati).

Jembatan Pasupati mulai dibangun pada bulan Oktober 2001 dan resmi digunakan oleh umum pada tanggal 26 Juni 2005. Jika dilihat dari kabel-kabel yang menyangga jembatan ini, maka akan terlihat seperti menyerupai harpa. View yang akan terlihat ketika kita berada di jembatan ini adalah pemandangan Lembah Cikapundung dan Kota Bandung.

jembatan pasupati

Apabila kita melintasi jembatan ini pada malam hari, maka akan terlihat sisi lain Kota Bandung yang gemerlap dengan cahaya lampu. Hal ini tak ubahnya gaun hitam yang disulam dengan manik-manik yang akan berkilau dalam gelap, sangat indah. Namun hal sebaliknya akan terlihat di siang hari. Pemukiman non-permanen yang rapat dan cenderung kumuh.

Seiring diresmikannya, maka Jembatan Pasupati menjadi ikon Kota Bandung masa kini dan menjadi kebanggaan bagi warga Kota Bandung. Sebenarnya kendaraan bermotor tidak diperbolehkan berhenti di sepanjang jembatan ini. Namun masih banyak orang-orang yang berhenti hanya untuk menikmati pemandangan di malam hari. Tak jarang juga mereka yang berhenti ikut mengabadikan moment di atas jembatan ini. Apalagi ketika malam minggu tiba, jembatan ini akan terlihat ramai dengan orang-orang yang berhenti di sisi jembatan.

“Semenjak ada jembatan ini, perjalanan dari Pasteur ke arah Cicaheum jadi lebih cepat. Tapi kalau hari Minggu tetap saja macet, karena ada pasar kaget di Gasibu”, ungkap Ikhrar salah seorang pengguna jalan. Memang tujuan pembangunan jembatan ini untuk mengakomodir kuantitas kendaraan agar tidak macet. Namun pada akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu, kemacetan masih kerap terjadi.

Sebagai salah satu ikon dan kebanggaan Kota Bandung, sudah sepatutnya pemerintah daerah dan masyarakat menjaga ketertiban dan kenyamanan di sekitar area jembatan tersebut. Terutama di sekitar kolong jembatan. Agar semua pengguna jalan yang melintas merasa nyaman dan jembatan ini tidak terkotori oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.