Liburan ke kota Kembang Bandung

Kebudayaan Kota Bandung

Kebudayaan Kota Bandung

Bandung memiliki suatu kebudayaan tersendiri yang di sebut dengankebudayaan Sunda. Sebelum membahas Kebudayaan Kota Bandung, terlebih dahulu akan membahas tentang arti kebudayaan. Kata “Budaya berasal dari bahasa sansekerta budhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata Buddhi yang berarti “budi” dan “akal”. Kebudayaan itu diartikan sendiri sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi atau akal. Menurut E.B.Taylor (1871) mengatakan bahwa kebudayan adalah ompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hokum, adapt istiadat, kemampuan dan kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Sesungguhnya kebudayaan mencakup semua yang didapatkan dan dipelajari dari pola-pola perilaku normatif artinya mencakup segala cara atau pla piker, merasakan dan bertindak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

alat musik angklung
alat musik angklung

Nah kita sudah tahu kan pengertian dari kebudayaan itu sendiri. Sekarang mari kita kenalan dengan kebudayaan Sunda. Sunda berasal dari hasil kawin-mawin antar-etnis dan bangsa di masa lalu. Secara biologis, mereka yang mengaku sebagai orang Sunda adalah keturunan kaum berdarah campuran aneka suku dan bangsa. Menurut garis besarnya, wilayah Budaya Sunda dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu Sunda Tengah atau Sunda Kota dan Sunda Pinggiran. Untuk Sukunya, ada suku Sunda, bahasa di Bandung, di dominasi oleh bahasa Sunda.

Namun, kalo sekarang sudah banyak yang menggunakan bahasa indonesia, atau buat anak mudanya mempergunakan bahasa gaul. Intinya, meskipun perkembangan zaman semakin maju. Masih ada masyarakat yang mempertahankan keaslian dari budaya Sunda, lewat kampung Sunda, itu semua di lestarikan. Semoga kelak nantinya budaya di Bandung tidak hilang. Oleh karena itu mari kita sama – sama menjaga dan melestarikan kebudayaan kota Bandung. Kota Bandung sendiri memiiki status yang setingkat dengan provinsi. Terletak di Pulau Jawa. Kalo kalian ingin masuk ke Bandung, ada pintu masuk yang menghubungkan, yaitu bisa lewat Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) atau bisa juga melalui Pelabuhan Tanjung Priok.