Bandung Updates

Tips Menghemat Paket 3g – Adv

Teknologi 3G merupakan teknologi yang sangat popular di masa sekarang. Penggunanya terdiri dari brbagai kalangan mulai darin pelajar hingga pengusaha. Teknologi wireless 3G atau generasi ketiga untuk komunikasi selular dikembangkan karena tuntutan teknologi komunikasi yang memerlukan pertukaran data yang besar, cepat dan dapat digunakan di mana saja atau mobile.

Tujuan awal diperkenalkannya teknologi 3G adalah sebagai berikut:

a. Menambah efisiensi dan kapasitas jaringan
b. Menambah kemampuan jelajah (roaming)
c. Untuk mencapai kecepatan transfer data yang lebih tinggi
d. Peningkatan kualitas layanan (Quality of Service – QOS)
e. Mendukung kebutuhan internet bergerak (mobile internet)

Semua peselancar dunia maya menuntut kulitas yang tinggi pada teknologi yang mereka gunakan sehingga generasi sebelumnya seperti 1G, 2G, dan 2,5 G sudah banyak ditinggalkan. Sedangkan teknologi 3G semakin banyak peminatnya karena berbagai keungguan berikut

  1. Kualitas suara yang lebih bagus.
  2. Keamanan terjamin.
  3. Kecepatan data mencapai 2 Mbps untuk lokal/Indoor/slow-moving access dan 384 kbps untuk wide area access.
  4. Mendukung beberapa koneksi secara simultan, sebagai contoh, pengguna dapat browse internet bersamaan dengan melalukan call (telepon) ke tujuan yang berbeda.
  5. Infrastruktur bersama dapat mensupport banyak operator dilokasi yang sama. Interkoneksi ke other mobile dan fixed users.
  6. Roaming nasional dan internasional.
  7. Bisa menangani packet-and circuit-switched service termasuk internet (IP) dan videoconferencing. Juga high data rate communication services dan asymmetric data transmission.
  8. Efiensi spektrum yang bagus, sehingga dapat menggunakan secara maksimum
  9. bandwidth yang terbatas.
  10. Support untuk multiple cell layer.
  11. Co-existance and interconnection dengan satellite-based services.
  12. Mekanisme billing yang baru tergantung dari volume data, kualitas service dan waktu.

Teknologi 3G membuat penggunanya semakin nyaman dan terbiasa dengan aplikasi-aplikasi yang ada sehingga penggunaan paket data pun menjadi semakin boros. Lalu bagaimana caranya untuk menghemat paket data pada teknologi 3g? berikut terdapat beberapa tips:

  • Akses jejaring sosial twitter,facebook atau website yang sering dikunjungi dengan versi mobile meskipun mengakses lewat komputer desktop
  • Lakukan instalasi plugin/ektension  AdBlock Plus bagi pengguna peramban firefox/chrome desktop untuk mengeblok iklan flash/gambar yang boros makan bandwith internet.
  • Untuk pengguna handphone/tablet bisa install peramban/browser firefox atau opera mini  versi mobile
  • Cukup gunakan paket data bila benar-benar memerlukan dan sesuaikan penggunaannya dengan kebutuhan.
  • Atau menginstall aplikasi yang dapat membantu kita dalam menghemat paket data seperti onavo, dan yang lainnya. bila perlu yang memiliki aplikasi managejemen paket data.
  • Tidak terlalu sering download video atau streaming.

Pengelolaan paket data 3G memang bukan merupakan hal yang mudah, apalagi apabila pengguna sudah terbiasa dengan fitur-fitur canggih. Namun apabila pengguna dapat melakukan pengelolaan dengan baik, maka paket data anda akan lebih hemat.

partner iklan