Liburan ke kota Kembang Bandung

Ketahui Gejala Tipes Pada Anak Agar Dapat Dilakukan Pencegahan

Ketahui Gejala Tipes Pada Anak Agar Dapat Dilakukan Pencegahan

 

Penyakit tipes bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Tipes bisa terjadi karena kurangnya pemahaman orang-orang terhadap gejalanya, karena gejala tipes sering disamakan dengan gejala demam berdarah. Tipes merupakan penyakit menular, yang penularannya bisa dilakukan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi dengan bakteri tipes. Selain itu penularan penyakit ini juga bisa dilakukan melalui air yang digunakan untuk membersihkan peralatan makan. Untuk agar tidak terkena penyakit tipes maka seorang ibu harus mengetahui betul gejala tipes pada anak kecil.

Cara Ampuh Mengetahui Penyebab Gejala Penyakit Tipes Pada Anak

Berikut beberapa gejala penyakit tipes pada anak:

  1. Demam,

Gejala pertama yang akan dialami anak saat terkena penyakit tipes adalah demam tinggi disertai dengan lemah dan lemas pada jangka waktu beberapa hari. Biasanya panas yang dialami mencapai 40 derajat.

  1. Sakit perut atau mual,

Gejala selanjutnya yaitu sakit perut atau mual yang disertai dengan muntah. Biasanya perut yang sakit akan dialami disebelah kiri yang telah mengalami infeksi. Biasanya gejala ini hampir sama dengan gejala maag, tapi jika gejala maag akan disertai sakit pada ulu hati dan perut. 

  1. Lidah berwarna putih,

Gejala tipes selanjutnya adalah lidah berwarna putih khususnya pada bagian tengah dan pada pinggir lidah tetap berwarna merah. Jika seperti ini maka apabila lidah dijulurkan keluar maka akan gemetar.

  1. Denyut nadi melambat,

Jika mengalami panas biasanya detakan jantung akan semakin meningkat 10% dari detak normal. Tapi untuk penyakit tipes detak jantung akan melambat karena adanya toksin dan racun yang berasal dari kuman tipes.

  1. Pencernaan tidak lancar,

Pencernaan tidak lancar seperti pergantian pola BAB juga menjadi salah satu gejala penyakit tipes. Biasanya anak yang mengalami gejala tipes akan mengalami perubahan BAB, seperti diare atau bahkan susah BAB.

Setelah mengetahui gejala tipes pada anak, maka Anda perlu melakukan pengobatan yang tepat dan pencegahan agar penyakit tipes yang sedang diderita oleh anak tidak akan menular ke anggota keluarga lain. Caranya dengan menggunakan Lifebuoy, untuk melindungi air dari terjangkitnya bakteri tipes.