Kuliner Bandung

Lovely Foods in Bandung

Lovely Foods in Bandung

Lovely Foods in Bandung

Bandung selalu identik dengan kulinernya yang selalu menyajikan hidangan yang unik dan bercita rasa tinggi. Maka dari itu, kuliner Bandung selalu menjadi daya tarik utama bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kota Bandung, selain wisata belanja dan wisata alamnya.  Selain sajian kulinernya, tempat makan di Bandung juga terkenal akan konsep desain eksterior serta interiornya yang unik dan disertai dengan pelayanan terbaik. Kuliner Bandung terkenal akan hidangannya yang khas, terutama hidangan tradisionalnya. Adapun beberapa hidangan khas kuliner Bandung antara lain:

  • Batagor

Batagor merupakan hidangan utama khas Bandung yang terbuat dari tahu kulit yang berisi adonan bakso yang telah dicampur dengan ikan yang umumnya menggunakan ikan tenggiri. Terdapat tempat makan di Bandungyang sudah cukup terkenal sejak tahun 1985 dengan Batagor sebagai hidangan utamanya yang bernama Batagor RiRi yang berlokasi di Jalan Burangrang No. 41, Lengkong, Bandung. Untuk satu porsi Batagor, Batagor RiRi memberi harga Rp. 10.000,- sampai Rp. 25.000,-.

  • Cimol

Jajanan khas Bandung ini terbuat dari tepung kanji sebagai bahan dasarnya. Cimol disajikan dengan cabai bubuk yang ditaburi di atas Cimol dan disantap di saat hangat. Untuk satu porsinya biasa dijual dengan harga Rp. 1.000,- per tusuk. Tempat makan di Bandung yang menjual Cimol terletak disepanjang Jalan Buah Batu, Bandung.

  • Colenak

Kuliner Bandung yang satu ini konon telah ada sejak jaman dahulu, tepatnya sejak jaman pemerintahan Belanda. Colenak berbahan dasar peuyeum yang dibakar dan diberi saus yang terbuat dari parutan kelapa dan  gula merah yang telah dicairkan. Colenak yang paling terkenal di Bandung adalah Colenak buatan Pak Murdi Putra yang saat ini usahanya telah diwariskan kepada anaknya dengan membuka sebuah kios di Jalan Ahmad Yani No. 733, Padasuka, Bandung. Untuk satu porsinya dijual dengan harga Rp. 5.000,- sampai Rp. 10.000,-.

  • Ulukutek Leunca

Siapa yang tidak kenal kuliner Bandung yang satu ini. Hidangan sederhana yang satu ini selalu menjadi menu favorit di saat berkunjung ke tempat makan yang menyajikan hidangan khas Jawa Barat. Bahan dasar pembuatan Ulukutek Leunca berasal dari sebuah tanaman yang buahnya bernama leunca. Ulukutek Leunca biasa disajikan dengan campuran oncom, ampas kacang serta sepiring nasi hangat. Rumah Makan Ma’ Uneh adalah salah satu tempat makan di Bandung yang terkenal akan kelezatan Ulukutek Leuncanya. Untuk satu porsinya Ma’ Uneh memberikan harga hanya Rp. 8.500,-. Rumah Makan Ma’ Uneh berlokasi di Jalan Padjajaran No. 132, Bandung.

  • Lotek

Kuliner Bandung lainnya yang selalu menjadi hidangan favorit adalah Lotek. Lotek hampir mirip dengan Gado-Gado yang menjadi hidangan khas Jakarta, namun perbedaannya dapat dirasakan dari bumbunya yang lebih halus dan pedas manis. Lotek telah dikonsumsi oleh masyarakat Bandung sejak dulu dan sampai saat ini masih dapat ditemukan di sudut-sudut Kota Bandung. Tempat makan di Bandung yang terkenal akan olahan loteknya adalah Lotek Herry Thea yang berlokasi di Jalan Buah Batu No. 157A, Bandung. Hanya Rp. 15.000,- untuk satu porsi lotek di tempat ini.

  • Tutut

Bagi sebagian orang hidangan ini mungkin agak menjijikan, namun jika diolah secara baik hidangan ini dapat menjadi hidangan lezat yang bercita rasa tinggi. Tutut merupakan sebuah hidangan yang bahan dasarnya berasal dari hewan keong sawah, namun masyarakat Bandung biasa menyebutnya dengan tutut. Tutut dapat diolah menjadi hidangan yang lezat dan bergizi tinggi, salah satunya adalah tutut olahan Kedai Getek yang berlokasi di Jalan Cilaki No. 43, Bandung. Di Kedai Getek, tutut disajikan dengan bumbu lada hitam. Untuk satu porsinya Kedai Getek memberikan harga mulai Rp. 7.000,- sampai Rp. 12.500,-.

 

Lovely Foods in Bandung,

partner iklan
Tags: ,