Kuliner Bandung

Warna-Warni Wisata Kuliner Bandung

Kota Bandung yang juga dikenal sebagai Paris van Java karena keindahan kotanya ternyata juga menyimpan harta karun lain di dalamnya. Harta karun tersebut adalah warisan kuliner yang turun temurun hingga menjadi ciri khas dari Kota Bandung itu sendiri. Macam-macam wisata kuliner Bandung kini menjadi elemen lain yang banyak dicari oleh para wisatawan, selain tempat wisata, dan akomodasi jika ingin berkunjung ke kota beriklim dingin ini. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara ramai berbondong-bondong mengunjungi Kota Bandung untuk berlibur di akhir pekannya yang pada akhirnya hal itu seakan menjadi magnet bagi orang Bandung sendiri untuk merambah bisnis kuliner.

Semakin banyaknya masyarakat asli Bandung yang menekuni bisnis kuliner, maka semakin banyak pula varian makanan dan minuman yang ditawarkan. Dari waktu ke waktu sudah terbukti ada macam-macam makanan yang dilahirkan di Kota Kembang ini. Meski sebagian besar merupakan variasi dari makanan yang sudah ada, sebagian lain diantaranya merupakan inovasi makanan baru di dunia kuliner Indonesia. Kreativitas dalam dunia kuliner di Bandung seolah tiada henti, selalu ada saja produk-produk baru yang membuat orang penasaran untuk mencobanya. Tempat-tempat makanan mulai dari pinggir jalan sampai dengan restoran berbintang tumbuh subur di Kota ini dan menjadi pusat buruan para wisatawan dari berbagai daerah, apalagi dari Jakarta.

tape

Biasanya di akhir pekan kita bisa melihat banya sekali kendaraan bernomor  polisi “B” yaitu para pendatang dari Jakarta. Bahkan orang-orang Jakarta sengaja kebandung hanya untuk mencari makanan dan oleh-oleh pavorit. Berbicara tentang wisata kuliner, maka kita akan membicarakan tentang menu yang ditawarkan. Dan apabila kita membedah lebih dalam lagi mengenai berbagai menu kuliner yang ada di Kota Kembang ini, maka kita akan menemukan banyak sekali aneka makanan dan minuman yang menggugah selera. Di bawah ini adalah beberapa warna-warni wisata kuliner bandung yang menjadi ciri khas dari kota tersebut.

  1. Menu khas dari tempat-tempat wisata kuliner Bandung yang pertama ialah Peuyeum. Peuyeum adalah sejenis tape yang juga berbahan dasar dari singkong yang difermentasi hingga menimbulkan rasa manis dan asam. Makanan yang sudah sejak jaman dahulu menjadi ikon kuliner kota Bandung ini biasanya banyak ditemukan di sejumlah pasar tradisional, terminal bus, toko oleh-oleh, dan juga di beberapa tempat wisata.
  2. Menu kuliner selanjutnya ialah Batagor. Batagor yang merupakan singkatan dari bakso tahu goreng ini sudah menjadi kudapan khas Kota Kembang. Batagor yang penyajiannya disertakan dengan bumbu kacang rasa manis dan pedas, kita juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis dan kecap untuk menambah kelezatan. Beberapa batagor yang terkenal yaitu: Batagor Yunus di Jl. Kopo No. 68, Batagor Darto di Jl. Simpang Dago No. 200 dan Batagor Burangrang di Jl. Burangrang No. 7 Bandung.
  3. Setelah batagor, ada tahu Bandung yang konon katanya memiliki rasa berbeda dari tahu-tahu yang ada di kota lain. Perbedaan tahu Bandung ini terletak dari segi cita rasanya yang lebih gurih, serta teksturnya yang lebih lembut. Tahu Bandung pun memiliki beberapa varian yang sudah dijual sebagai buah tangan para pelancong, varian tersebut tidak lain adalah tahu Mongol dan tahu Tauhid.
partner iklan
Tags: , ,