Liburan ke kota Kembang Bandung

Warung Ma’ Uneh

Warung Ma’ Uneh
Menu Ikan Bakar Warung Ma’ Uneh
Menu Ikan Bakar Warung Ma’ Uneh

Jika Anda pergi ke Bandung, mungkin Anda tidak akan lupa untuk mencicipi langsung berbagai sajian kuliner Bandung yang begitu terkenal. Dari mulai makanan tradisional hingga modern akan mudah dijumpai di sini.

Ketika Anda sedang mencari tempat makan khas Sunda yang bisa membawa Anda dan keluarga ke suasana jaman dulu, Anda bisa langsung datang ke Warung Ma’ Uneh yang terletak di jalan Pajajaran di samping Melinda Hospital, alamat tepatnya di Jln. Terasana 132, Bandung. Lokasinya memang agak menjorok ke dalam gang, namun Anda tidak perlu bingung karena di pinggir jalan terdapat papan nama warung Ma’ Uneh sehingga cukup memudahkan untuk mencarinya.

Dilihat dari sejarah namanya, Ma’ Uneh sendiri diambil dari nama pendiri warung makan ini. Pada awalnya warung Ma’ Uneh ini adalah warung makan yang pasarnya adalah untuk para pelajar dan  mahasiswa. Namun seiring waktu berjalan, Ma’ Uneh pun menjadi warung makan untuk semua kalangan masyarakat. Bukan tanpa perjuangan, konsistensi Warung Ma’ Uneh tetap bertahan terhadap citarasa sajian menu khas Sunda yang tersedia dan tetap diminati karena kelezatannnya yang memikat. Warung Ma’ Uneh kini lekat dengan kuliner Bandung yang terkenal.

Warung Ma’ Uneh
Warung Ma’ Uneh

Warung Ma’ Uneh buka setiap hari kecuali hari Jumat dari sore sampai malam. Tempat makannya cukup luas bisa menampung kira-kira 40 orang. Menu makanan di sini sudah sangat terkenal, dan yang paling banyak dicari orang di sini adalah babat goreng dan semur jengkol yang rasanya memang sangat lezat, enak, dan nikmat. Selain itu terdapat juga beberapa menu yang hampir jarang ditemui di tempat makan Sunda lainnya seperti tumis jantung pisang, haremis (kerang-kerang kecil), dan impun (ikan-ikan kecil) goreng.

Pada umumnya menu warung Ma’ Uneh sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menu tempat makan Sunda lainnya yang tersebar di Bandung, seperti menu ayam goreng, tahu dan tempe goreng, beraneka macam pepes, otak goreng, hingga pete dan jengkol pun ada. Makanan Sunda tidak akan lepas dan tentu tidak boleh ketinggalan yaitu sambal dan lalapan. Meskipun demikian, Anda boleh menandingkan rasa masakan warung Ma’ Uneh dengan tempat makan Sunda lainnya. Apalagi jika dibandingkan dengan restoran modern, pastilah rasa masakan warung Ma’ Uneh jauh lebih nikmat karena resepnya turun temurun dan tempatnya memberikan suasana seperti makan di rumah sendiri. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yang harus Anda coba jika Anda mampir dan makan di Warung Ma’ Uneh adalah menu jeroannya dipadukan dengan lalapan dan sambel dadaknya. Bagi Anda penikmat jengkol, semur jengkol Warung Ma’ Uneh pastilah juaranya.

Dari sekian banyak tempat makan Sunda yang menyajikan makanan dengan cara prasmanan, dimana pelanggan leluasa mengambil dan mencoba menu yang disajikan, Warung Ma’ Uneh lah yang menjadi pilihan banyak orang untuk menikmati kuliner Bandung khusunya sajian khas Sunda. Warung Ma’ Uneh sudah ada sejak belasan tahun lalu dan sampai saat ini terus bertahan dan konsisten dengan konsep lamanya. Warung Ma’ Uneh telah mampu bersaing dengan restoran Sunda yang dikemas lebih modern yang semakin menjamur.

Jika Anda ingin menikmati kelezatan masakan Sunda, maka datanglah ke warung Ma’ Uneh yang sudah melegenda. Anda pasti akan ketagihan dan ingin datang kembali untuk menikmati makanan khas Sunda yang disajikan di Warung Ma’ Uneh.