Liburan ke kota Kembang Bandung

Caringin Tilu

Caringin Tilu
Caringin Tilu
Caringin Tilu

Tahukah Anda? Kota Bandung yang selama ini menjadi destinasi favorit ketika akhir pekan atau liburan tiba, ternyata masih memiliki banyak tempat yang sangat eksotis namun belum banyak yang tahu. Apabila wisatawan membahas tentang Kota Bandung pastilah yang dibahasnya adalah factory outlet, distro, café-café yang berada di dataran tinggi dan tentu saja kuliner Bandung yang memang selalu membuat orang ketagihan.

Artikel kali ini akan membahas salah satu tempat wisata yang mungkin masih belum terlalu familiar di telinga Anda, padahal memiliki sejuta pesona yang pasti akan membuat Anda ketagihan untuk selalu datang lagi dan lagi. Tempat yang akan dibahas adalah Caringin Tilu yang terletak di sebelah Timur Kota Bandung. Caringin Tilu yang lebih sering disebut Cartil  ini merupakan sebuah dataran tinggi yang masih belum terekspos dengan baik. Jangankan orang dari luar kota, bahkan orang Bandungnya sendiri masih ada yang tidak tahu apa itu Caringin Tilu. Cukup disayangkan memang, karena itu kami akan memberitahu Anda tentang wisata alam satu ini yang pasti akan membuat kebutuhan berlibur Anda terpenuhi.

Di daerah ini terdapat tiga buah pohon beringin yang menjadi ikon tesendiri sehingga menjadi inspirasi untuk memberi nama tempat ini Caringin Tilu yang berarti tiga beringin dalam bahasa Indonesia. Sayangnya dari ketiga pohon yang menjadi asal muasal nama Caringin Tilu ini sekarang hanya tersisa satu pohon karena salah satu pohon beringin tersebut tumbang dan yang satu lagi mati karena kekeringan. Tak kehabisan akal, warga sekitar pun langsung menanam kembali dua buah pohon beringin untuk mengingat asal muasalnya dan melestarikan ciri khas tempat ini.

Dari Caringin Tilu Anda bisa melihat pemandangan Kota Bandung dengan sangat jelas karena tempat ini berada di dataran yang cukup tinggi sehingga Anda bisa melihat horizon dari ujung timur hingga ke barat. Anda juga bisa melihat jelas bentuk Kota Bandung yang mencekung dan dikelilingi oleh pegunungan seperti Gunung Papandayan, Gunung Patuha, Gunung Malabar, Gunung Manglayang, dan beberapa gunung lainnya. Jika Anda datang ke sini pada pagi hari, maka Anda akan dapat menikmati suasana yang masih sangat alami. Udara yang segar, ditemani dengan hawa dingin dataran tinggi, sungguh sangat cocok bagi Anda yang butuh rehat sejenak dari kesibukan Anda yang selama ini membuat Anda stress. Lalu jika Anda datang ke Caringin Tilu ketika malam hari, maka Anda akan disuguhi pemandangan yang sungguh luar biasa indah seperti melihat hamparan langit yang dihiasi oleh banyak bintang yang pasti akan membuat Anda betah berlama-lama disini.

Meskipun masih banyak yang belum tahu dengan keberadaan Caringin Tilu ini, namun pengunjung yang mendatangi tempat wisata ini telah mengalami peningkatan. Buktinya, pada awal mula Caringin Tilu diresmikan menjadi tempat wisata umum, di daerah ini hanya terdapat sekitar 3 orang penjual makanan. Namun, seiring berjalannya waktu dan semakin bertambahnya orang yang tahu tentang Caringin Tilu, penjual makanan di daerah Caringin Tilu pun mulai menjamur, dengan adanya 25 saung yang menjajakan beragam makanan, mulai dari nasi goreng, kopi, mie rebus, jagung bakar, hingga bandrek. Jadi untuk Anda yang ingin berlama-lama diam di sini tapi tidak membawa bekal makanan, tidak perlu khawatir, karena disini Anda bisa mendapatkan makanan yang dapat mengganjal perut Anda sambil menikmati pemandangan Kota Bandung yang sangat ciamik bila dilihat dari Caringin Tilu.

Apabila Anda penasaran dan ingin mengunjungi tempat ini Anda dapat mengakses lokasi Caringin Tilu dari Terminal Cicahaeum lalu belok ke kanan menuju Jalan Padasuka kemudian lurus terus mengikuti alur jalan yang berkelok dan menanjak dengan waktu tempuh kira-kira 20 menit. Tertarik? Mari berkunjung. Enjoy Bandung!