Tempat Wisata

Menikmati Keindahan Alam Di Wisata Alam Jayagiri Lembang

Menikmati Keindahan Alam Di Wisata Alam Jayagiri Lembang

Menikmati Keindahan Alam Di Wisata Alam Jayagiri Lembang

Siapa sih yang tidak bosan untuk liburan di Bandung? Kota dengan seribu keunikan ini selalu saja menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara tiap tahunnya. Bandung memiliki banyak hal yang menarik seperti tempat wisatanya, kuliner, fashion, entertainment dan lain-lain. Keindahan dan keasrian Bandung membuat kota ini terasa sejuk dan alami. Tempat wisata di Bandung pun banyak sekali, mulai dari museum, pusat perbelanjaan, sampai tempatĀ  wisata alam. Salah satu tempat wisata yang sudah lama terkenal di Bandung adalah Wisata Alam Jayagiri.

Wisata Alam Jayagiri Lembang adalah sebuah kawasan wisata alam dengan luas sekitar 7 hektare dan terletak di ketinggian 1.250 hingga 1.500 meter di atas permukaan laut yang berada di daerah Lembang, Bandung. Jayagiri sebenarnya adalah sebuah desa yang menjadi akses menuju Gunung Tangkuban Parahu, namun melewati jalur perkebunan penduduk, bukit dan hutan dengan cara hiking. Untuk Anda yang gemar hiking, berkemah dan suka tantangan, mendakimelewati Desa Jayagiri ini sangat cocok untuk Anda. Selain sebagai akses rintangan menuju Gunung Tangkuban Parahu, Desa Jayagiri ini juga menjadi potensi wisata alam yang terdiri dari hutan dengan tanaman campuran (pinus, puspa dan lain-lain), kawasan memancing dan berkemah serta trek hiking.

Untuk mencapai Jayagiri, Anda bisa menggunakan angkutan umum seperti angkot dengan jurusan Ciroyom-Lembang sekitar 30 menit atau menggunakan trayek stasiun hall- Lembang dan turun di Jalan Raya Lembang. Sebelum masuk menuju gerbang Wisata Alam Jayagiri, Anda dapat terlebih dahulu mampir ke sebuah taman bernama Taman Junghuhn yang berfungsi sebagai makan dan tugu. Sejarah Taman Junghuhn ini adalah dibuat untuk mengenang seorang Belanda yang membudidayakan pohon Kina, bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn. Di taman ini, Anda bisa bersantai sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke Wisata Alam Jayagiri sambil mengenang jasa-jasa Junhuhn.

Setelah dari Taman Junghuhn dan akhirnya sampai di gerbang Wisata Alam Jayagiri, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 4000,-. Dengan membayar tiket ini nantinya Anda tidak usah lagi membayar tiket masuk ke Gunung Tangkuban Parahu. Sebelum Anda memulai pendakian, Anda bisa beristrahat sejenak diĀ  warung yang tidak jauh dari gerbang masuk. Setelah selesai bersantai, Anda bisa langsung memulai trek pendakian sambil menikmati keindahan tanaman kopi milik penduduk serta pohon pinus yang menjulang tinggi. Semakin udara mulai sejuk dan pendakian Anda semakin jauh, trek pendakian yang ditempuh pun semakin menanjak. Setelah melewati trek menanjak yang melewati hutan pinus yang memakan waktu sekitar 1 jam, Anda dapat beristirahat di warung sambil melepas penat. Setelah beristirahat di warung, Anda dapat melanjutkan perjalanan lagi dan melewati hutan pinus yang masih muda. Berjalanlah sampai menemukan pos saluran air dan tak jauh dari tempat itu, terdapat tempat yang lapang dimana Anda bisa mendirikan tenda.

Trek selanjutnya, Anda akan melewati areal hutan yang lebat, padat dan sangat terasa kelembabannya. Setelah sekiar 30 menit, Anda akan sampai di area parkir bus Gunung Tangkuban Perahu. Selanjutnya, Anda bisa melihat keindahan Kawah Ratu di Gunung Tangkuban Parahu yang aroma belerangnya sangat khas. Selanjutnya, jangan lupa juga untuk melihat Kawah Domas dan Kawah Upas. Setelah puas berkeliling melihat kawah, Anda bisa membeli beberapa souvenir cantik khas Gunung Tangkuban Parahu di sekitar areal pertokoan. Anda juga dapat menemukan batu alam yang berasal dari kawah yang ada di Gunung Tangkuban Parahu.

Setelah puas berkeliling dan berfoto-foto disekitar kawah, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Air Keramat Goa Cikahuripan. Menurut juru kunci yang menjaga tempat itu, konon air keramat tersebut dapat menjadi obat awet muda. Anda dapat masuk ke dalam Goa dan mencoba untuk mandi di air keramat tersebut. Anda juga dapat membawa pulang air keramat tersebut, lho.

Jadi penasaran kan ingin menjelajahi Wisata Alam Jayagiri dan Gunung Tangkuban Perahu? Yuk segera rencanakan liburan Anda!

partner iklan
Tags: ,