Liburan ke kota Kembang Bandung

Punclut

Punclut
Punclut
Punclut

Ketika akhir pekan tiba, biasanya begitu banyak pendatang dari luar kota yang akan menyambangi Kota Bandung. Kebanyakan dari mereka datang untuk menikmati kuliner Bandung yang memang sulit ditandingi oleh kota lain, atau berbelanja di factory outlet atau distro. Sebenarnya, selain menjadi pusat fashion dan kuliner, Kota Bandung juga masih memiliki tempat wisata yang pasti akan membuat Anda ketagihan untuk selalu datang kembali. Salah satu tempat wisata tersebut adalah Punclut. Mungkin masih ada sebagian orang yang masih belum tahu apa itu Punclut, atau bahkan lebih familiar dengan nama Puncrut atau Puncluk. Ternyata, tahukah Anda bahwa nama yang benar itu adalah Punclut yang merupakan singkatan dari Puncak Ciumbuleuit Utara.

Punclut merupakan salah satu dataran tinggi yang berada di Kota Bandung. Pada awalnya, Punclut hanya merupakan tempat untuk lari pagi, sampai pada akhirnya warga sekitar sadar akan potensi dari Punclut bahwa Punclut bisa menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang terkenal dengan saung-saung lesehan yang berjejer di sepanjang jalan Punclut. Punclut merupakan dataran tinggi yang mencapai ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut, sehingga udara yang ada di sini pun masih terasa sejuk dan menyegarkan. Apalagi bila Anda datang di pagi hari, jika Anda beruntung, Anda bisa melihat kabut yang sudah sangat jarang dijumpai di Kota Bandung, sungguh sangat cocok bagi Anda yang sudah merasa sumpek dengan polusi udara perkotaan yang sudah sangat sulit untuk dihindari.

Kini Punclut merupakan salah satu sentra wisata kuliner unik yang berada di Kota Bandung yang menghadirkan begitu banyak pilihan hidangan yang bisa Anda nikmati ketika Anda berkunjung ke sini. Di Punclut Anda akan menemukan menu-menu tradisional Sunda yang akan memanjakan lidah Anda karena rasanya yang sangat nikmat dengan racikan bumbu yang sempurna, ditambah lagi harga-harga makanan dan minuman yang ada di sini dijamin bersahabat dengan dompet Anda karena harganya yang relatif murah. Makanan dan minuman yang tersedia di sini antara lain seperti ayam goreng, bebek goreng, yang dipadukan dengan nasi putih, merah, atau hitam yang menjadi ciri khas tempat ini, ditambah dengan lalapan sayur, petai, jengkol (jika Anda suka) serta sambal terasi yang super pedas yang dijamin akan membuat lidah Anda terus bergoyang dengan nikmat. Ada juga menu nasi goreng, mie rebus dan menu lainnya. Selain itu ada juga menu jagung bakar dan bandrek yang merupakan kombinasi yang sangat sempurna untuk menikmati panorama Kota Bandung yang terlihat jelas dari sini, yang tentunya akan menambah kesan romantis bagi Anda yang datang bersama pasangan.

Pada hari minggu pagi Punclut akan berubah menjadi tempat jogging dan pasar kaget yang menyediakan segala macam kebutuhan Anda, mulai dari pakaian, perlengkapan dapur, hingga hewan peliharaan. Untuk mengunjungi Punclut, Anda dapat melewati Jalan Ciumbuleuit hingga menemui bunderan lalu belok ke kiri, lalu belok ke kanan, sampai Anda bisa melihat saung-saung yang berjejer, maka sampai lah Anda di Punclut. Karena kondisi jalan yang masih kurang baik, ada baiknya bila Anda mengunjungi Punclut menggunakan sepeda motor, karena jalan di sekitar Punclut ini sangat kecil sehingga akan sangat memudahkan bagi Anda untuk parkir. Jadi, jangan lupa untuk sekadar mampir menikmati indahnya panorama Kota Bandung dari atas bukit ketika Anda mengunjungi Kota Bandung. Enjoy!