Liburan ke kota Kembang Bandung

Wisata Alam Batu Kuda Manglayang

Wisata Alam Batu Kuda Manglayang
Wisata Alam Batu Kuda Manglayang

Bandung adalah kota dengan sederet pesona. Banyak wisatawan dari luar kota bahkan dari pulau seberang sengaja datang ke Kota Bandung untuk berlibur. Ketika Anda dan keluarga berencana untuk menghabiskan liburan di Bandung, tentu Anda menginginkan salah satu tempat wisata di Bandung yang terbaik, bukan? Tentu saja berlibur itu tidak harus berkunjung ke sebuah tempat wisata dengan wahana megah yang modern, berwisata alam pun tentu menjadi salah satu kegiatan liburan yang pasti akan sangat menyenangkan dan tidak akan terlupakan.

Salah satu tempat wisata di Bandung  dengan konsep wisata alamnya adalah Batu Kuda Manglayang. Dari Kota Bandung, jarak yang ditempuh untuk sampai ke Batu kuda Manglayang yaitu sekitar 20 km. Batu Kuda merupakan lokasi wahana wisata yang terletak di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Ujung Berung, Bandung. Luas area Batu Kuda yaitu sekitar 20 hektare. Batu Kuda Manglayang terletak di dataran tinggi sehingga cuacanya masih sangat sejuk, segar dan hijau.

Anda dan keluarga akan menemui potensi kawasan wisata alam Batu Kuda Manglayang yang masih sangat alami dengan hutan yang ragam akan tanaman campuran yang berdiri dengan cantiknya, yang dipenuhi oleh pohon-pohon tinggi berdampingan satu sama lain seperti pohon pinus, pohon kaliandra dan juga pohon cemara. Keindahan panorama hijau di daerah ini sangat menenangkan. Di sini juga terdapat sumber mata air asli pegunungan yang masih dimanfaatkan warga masyarakat sekitar untuk kebutuhan sehari-hari dan juga untuk keperluan pengunjung atau wisatawan yang datang untuk berwisata. Lansekap yang menjulang indah serta hamparan hutan yang hijau dan luas membentang begitu memesona merupakan pemandangan yang mampu menyegarkan mata.

Batu Kuda Manglayang memang sudah di kenal sebagai salah satu tempat wisata di Bandung yang masih asri. Walaupun jauh sebelumnya Batu Kuda hanya dimanfaatkan sebagai lokasi wisata untuk penduduk setempat. Batu Kuda juga sempat terancam keberadaannya karena banyaknya penebangan liar. Namun pihak perhutani dengan sigap segera mengelola hutan-hutan yang ada di kawasan tersebut dengan baik, sehingga Batu Kuda Manglayang dikenal sebagai objek wisata yang menjanjikan seperti saat ini. Batu Kuda Manglayang telah dibuka untuk umum sejak tahun 1987. Sampai sekarang untuk pengaman di sekitar wilayah Batu Kuda Manglayang terdapat sejumlah polisi hutan yang terlibat untuk keamanan dan kelangsungan hutan di Batu Kuda.

Kegiatan wisata yang bisa Anda dan keluarga lakukan di Batu Kuda Manglayang sangat beragam, seperti piknik, outbond, lintas alam atau mendaki gunung. Kegiatan-kegiatan alam tersebut sangat menyenangkan, menantang dan juga bisa menyehatkan. Anda tidak perlu khawatir mengenai fasilitas wisata yang ada di Batu Kuda Manglayang. Di sini disediakan juru kunci atau jasa orang yang sudah sangat mengenal kawasan Batu Kuda Manglayang yang dapat membantu dan melayani Anda selama berwisata di tempat ini. Di sini juga terdapat loket karcis, papan petunjuk, jalan setapak, MCK, instalasi air, tempat duduk, shelter dan pemandu wisata khusus.

Aksesnya cukup mudah karena umumnya jalan di kawasan ini sudah beraspal sehingga dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika Anda menggunakan sarana transportasi umum maka Anda bisa menyewa mobil Colt atau motor ojek.

Liburan di Bandung dengan berwisata alam ke Batu Kuda Manglayang tentu akan memberikan pengalaman liburan yang sangat berharga bagi Anda dan keluarga.