Liburan ke kota Kembang Bandung

Tips Menata Dapur Minimalis Tetap Bersih Dan Rapih

Tips Menata Dapur Minimalis Tetap Bersih Dan Rapih

Mempunyai dapur yang luas dan modern tentunya memang merupakan hal yang menyenangkan ketimbang punya dapur yang minimalis. Dengan dapur yang luas, kegiatan mulai dari memasak sampai dengan mencuci piring tentunya bisa dilakukan lebih leluasa. Akan tetapi, memiliki dapur yang luas dan modern pastinya akan percuma jika tidak dilakukan perawatan yang baik, yang hanya bisa membuat aktivitas di dapur menjadi tidak nyaman. Dapur yang minimalis tapi selalu terjaga kebersihannya, selalu tertata rapi tentu akan lebih baik ketimbang dapur besar tapi tidak terawat. Luasnya dapur di rumah memang bukan sebuah hal yang terlalu penting. Karena yang terpenting adalah kebersihan dan juga kerapian dapur untuk membuat anda juga tidak merasa risih saat beraktivitas di dapur. Jika di rumah anda mempunyai dapur yang minimalis, tak masalah, justru menata dapur minimalis tebilang cukup simple dan tidak terlalu membuat kelelahan. Asalkan perawatan pada dapur juga dilakukan secara berkala.

Tips Menata Dapur Minimalis

Dapur minimalis yang bersih pun tentunya tidak cukup jika perabotan yang ada di dapur berserakan dan tidak tertata rapi. Apalagi jika di dapur anda terdapat banyak sekali kitchen set. Maka sangat penting juga untuk anda memperhatikan penataan secara tepat pada dapur minimalis yang anda punya. Nah, bagi anda yang kebingungan mengenai bagaimana menata dapur minimalis, berikut ini ada beberapa tips menata dapur minimalis yang kiranya bisa anda aplikasikan :

  1. Simpan peralatan dapur dengan pengelompokan yang sesuai. Mengingat bahwa banyaknya aktivitas yang dikerjakan di dapur, maka dari itu supaya berbagai aktivitas di dapur dapat dikerjakan dalam waktu yang singat serta juga kebersihan dan kerapian dapur yang minimalis tetap terjaga dengan baik, maka ada baiknya jika anda menyimpan berbagai kitchen set alias peralatan dapur dengan pengelompokan yang sesuai. Contohnya menempatkan bumbu-bumbu masak di dekat kompor, menempatkan piring dan perlengkapan memasak di dekat wastafel tempat pencuci piring. Cukup simple bukan untuk menata dapur minimalis ? Dengan langkah yang satu ini juga akan membuat dapur nampak lebih rapi.
  2. Biasakan untuk segera mencuci perlengkapan dapur saat setelah dipakai. Dapur yang minimalis akan terlihat kotor dan tidak terawat jika anda membiasakan untuk menaruh piring ataupun perlengkapan dapur lainnya yang sudah dipakai di dapur ataupun tempat pencuci piring. Belum lagi juga hal tersebut akan memicu timbulnya bakteri penyebab penyakit. Maka dari itu, jika piring dan perlengkapan dapur lainnya sudah selesai dipakai, segera cuci. Gunakan sabun pencuci piring terbaik seperti Sunlight Jeruk Nipis 100.
  3. Biasakan untuk mengembalikan kitchen set ke tempat semula jika sudah digunakan. Cara ini tentu akan menghindarkan dari dapur minimalis yang terlihat tidak terawat. Tempatkan piring yang sudah dicuci pada raknya, gantungkan talenan seusai dipakai, kembalikan bumbu masak ke tempatnya dan lain sebagainya.
  4. Aplikasikan rak gantung dan lemari di dapur minimalis anda untuk membuat tampilan dapur lebih rapi. Menata dapur minimalis menjadi rapi dapat dilakukan dengan cara ini. Anda bisa menyimpan barang-barang yang jarang digunakan ke dalam lemari. Kemudian rak gantung dapat diaplikasikan untuk meminimalisir penggunaan ruang terlalu banyak.